7 Alasan Mengapa Banyak Karyawan Mengundurkan Diri Dari Pekerjaannya

7 Alasan Mengapa Banyak Karyawan Mengundurkan Diri Dari Pekerjaannya

7 Alasan Mengapa Banyak Karyawan Mengundurkan Diri Dari Pekerjaannya

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa alasan utama mengapa banyak karyawan yang mengundurkan diri dari pekerjaannya secara mendadak.

Daftar Isi

Resign atau mengundurkan diri memang merupakan hal biasa bagi para karyawan yang sedang berada dalam dunia kerja. Seseorang yang mengundurkan diri bisa menimbulkan dampak yang berbeda-beda terhadap perusahaan tergantung bagaimana sistem perusahaan yang berjalan di tempat kerja.

Apalagi jika orang yang mengundurkan diri adalah orang yang memberikan pengaruh besar terhadap perusahaan karena dia memiliki potensi yang sangat baik.

Bagaimana jika ada karyawan yang telah menjadi kepercayaan perusahaan mengundurkan diri? Pasti akan memberikan akibat yang buruk untuk perusahaan itu sendiri. Tapi perlu diketahui bahwa setiap karyawan juga pasti punya alasan mengapa mereka mengundurkan diri.

Alasan mengapa karyawan memutuskan untuk resign

Berikut ada beberapa alasan yang perlu diketahui mengapa banyak karyawan yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya.

1. Memiliki pekerjaan lain

Seseorang akan memutuskan untuk mengundurkan diri apabila dia sudah ingin pindah kerja dan memutuskan untuk mencari pekerjaan lain.

Seorang karyawan juga pasti ingin memiliki tempat kerja yang jauh lebih baik dari tempat sebelumnya. Namun ada juga orang yang memutuskan untuk pindah kerja dikarenakan ingin dekat dengan tempat tinggal.

Perlu diketahui bahwa alasan orang untuk pindah kerja bisa berbagai macam. Mungkin gaji yang didapatkan lebih besar adalah menjadi pemicu utama mengapa seseorang bisa mengundurkan diri dari perusahaan.

Namun ada banyak hal lain yang menjadi alasan mengapa seorang karyawan ingin pindah kerja seperti:

  • Ingin mendapatkan tantangan baru
  • Ingin mendapatkan gaji yang lebih besar
  • Ingin mendapatkan fasilitas yang lebih baik
  • Tidak merasa nyaman dengan perusahaan
  • Lokasi lebih dekat
  • Direkrut oleh perusahaan lain yang menawarkan pekerjaan sesuai dengan keahlian

Itulah beberapa alasan mengapa orang ingin pindah kerja.

2. Faktor keluarga

Alasan karyawan untuk mengundurkan diri selanjutnya adalah faktor yang berasal dari keluarga.

Misalnya saja sang istri melarang untuk bekerja di perusahaan sekarang karena waktu untuk berkumpul dengan keluarga menjadi sedikit.

Atau mungkin bagi perempuan yang berhenti kerja dikarenakan memiliki urusan rumah tangga yang harus dilakukan seperti merawat anak dan membantu suami.

Jadi keluarga juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa seorang karyawan bisa mengundurkan diri dari pekerjaan sekarang.

3. Diangkat menjadi PNS

Peristiwa ini sudah banyak terjadi dimana seseorang mencoba mendaftar sebagai PNS dan ternyata lulus. Ketika sudah dinyatakan lulus maka tidak heran seseorang yang asalnya karyawan memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Mereka memiliki pendapat bahwa menjadi PNS sudah lebih terjamin karena masa depan juga akan terjamin dan akan memiliki dana pensiun serta pekerjaan yang dilakukan tidak seberat ketika sedang menjadi karyawan.

4. Memiliki usaha

Saat seseorang sudah mulai memiliki semangat untuk menjalankan sebuah usaha, maka ketika sedang bekerja di perusahaan mereka akan mengumpulkan modal sebanyak mungkin dan memberanikan diri untuk berganti profesi menjadi seorang pengusaha.

Dengan memilih untuk menjadi pengusaha mereka tidak perlu lagi terikat oleh waktu seperti masih menjadi karyawan.

Ditambah lagi jika memiliki usaha sendiri tidak akan mendapatkan tekanan dari siapapun dan memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

Contohnya saja ada seorang karyawan yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan menjalankan usaha atau membuka toko.

Bisa saja mencoba membuka toko kelontong, menjadi pengusaha properti, menjadi grosir sembako atau menjadi agen produk tertentu.

5. Kesehatan sudah mulai terganggu

Sebagian karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan memiliki alasan bahwa dirinya sudah merasa tidak sanggup lagi untuk melakukan pekerjaan.

Apalagi jika menderita sebuah penyakit yang membuat dirinya terganggu ketika masih bekerja. Jadi biasanya akan ada surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa dia sudah tidak bisa lagi bekerja dengan baik.

Berbeda dengan alasan lain, seorang karyawan yang mengundurkan diri karena masalah kesehatan biasanya akan mendapatkan uang jaminan kesehatan dari perusahaan tempat dia bekerja, namun tidak semua perusahaan memberikan jaminan seperti itu karena banyak juga perusahaan yang pelit dan tidak peduli kepada karyawan.

Besarnya uang yang diberikan untuk jaminan kesehatan tergantung dari aturan perusahaan tersebut.

6. Masalah dengan rekan kerja atau bos

Ketika sedang bekerja di salah satu perusahaan, maka hubungan kerja antara rekan serta bos harus tetap terjaga dengan baik. Namun ketika hubungan sudah tidak membaik dan terdapat masalah diantara keduanya maka dapat membuat suasana kerja menjadi kacau.

Ketika terjadi keretakan hubungan antara pekerja, dapat dipastikan bisa membuat karyawan yang satu dan yang lain menjadi tidak nyaman sehingga terjadi konflik secara terus-menerus.

Jika masalah ini tidak dapat diselesaikan, maka pilihan terakhirnya adalah mengundurkan diri dari perusahaan.

7. Perusahaan sudah tidak stabil

Ketika sebuah perusahaan dirasa sudah mulai goyang atau tidak stabil, dapat dirasakan ketika banyaknya pemutusan hubungan kerja dengan perusahaan lain, penurunan penjualan, gaji sudah mulai seret hingga menunggak tidak dibayar dan sering muncul kabar buruk mengenai perusahaan maka dapat membuat karyawan banyak yang mengundurkan diri secara langsung baik itu secara terhormat atau tidak.

Jika perusahaan sudah tidak stabil, tentu akan membuat karyawan menjadi merasa terancam karir dan masa depannya. Jadi tidak heran juga banyak karyawan yang memilih untuk mengundurkan diri dan mencari pekerjaan baru yang lebih menjanjikan.

Penutup

Itulah beberapa alasan mengapa banyak karyawan yang mengundurkan diri dari pekerjaannya secara mendadak yang bisa Anda ketahui.

Sekian saja untuk informasi kali ini, semoga bisa membantu Anda semua dalam menambah wawasan pengetahuan. Terima kasih sudah membaca.***

Posting Komentar