5 Tips Sebelum Membeli Motor Bagi Karyawan yang Baru Bekerja

5 Tips Sebelum Membeli Motor Bagi Karyawan yang Baru Bekerja

5 Tips Sebelum Membeli Motor Bagi Karyawan yang Baru Bekerja

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips penting yang sangat bermanfaat untuk karyawan yang baru memasuki dunia kerja. Kami akan memberikan tips sebelum membeli motor bagi karyawan yang baru bekerja supaya tidak salah dalam mengambil keputusan.

Daftar Isi

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa keinginan untuk memiliki motor sendiri merupakan salah satu kebanggaan bagi fresh graduate yang baru mulai bekerja.

Jadi motor yang dibeli itu bisa menjadi salah satu bukti dari hasil kerja. Selain itu juga kendaraan ini sekarang sudah menjadi alat transportasi yang bisa memudahkan pekerjaan dan mobilitas. Apalagi bagi orang yang lokasi tempat tinggalnya jauh dari tempat kerja.

Dikarenakan adanya dalih sebagai kredit dan kebutuhan yang mendesak, Anda juga merasakan hal yang sama dan merasa perlu untuk membeli motor dengan cara berangsur meski baru bekerja.

Apalagi sekarang melakukan cicilan motor sudah terbilang mudah dan murah untuk di Indonesia, jadi Anda akan semakin tergiur untuk memulai kredit motor.

Namun sebelum Anda mulai melakukan kredit motor, sebenarnya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu.

Tips sebelum membeli motor baru bagi fresh graduate

Jika Anda baru memasuki dunia kerja dan ingin segera membeli kendaraan berupa motor, maka ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut supaya Anda tidak menyesal dan salah langkah.

Berikut ada beberapa tips sebelum membeli motor baru bagi fresh graduate yang baru bekerja.

#1 Tunggu hingga tiga bulan

Salah satu syarat yang diperlukan untuk melakukan pengajuan kredit motor adalah adanya bukti pekerjaan atau penghasilan yang tetap.

Biasanya seorang karyawan yang ingin mengajukan untuk kredit harus sudah menjalani masa kerja minimal tiga bulan.

Masa kerja minimal yang sudah Anda jalani bisa membuktikan bahwa Anda sudah berhasil lulus dalam masa probation pertama, sehingga memiliki sumber dana yang akan terus berlanjut untuk bisa membayar cicilan.

Jadi perusahaan yang memberikan pinjaman bisa meyakini bahwa cicilan yang Anda lakukan bisa berlangsung dengan lancar tanpa kendala ketika pembayaran.

Sebenarnya seorang karyawan yang baru kerja selama 1-2 bulan juga bisa langsung mengajukan kredit motor asalkan bisa membuktikan bahwa nominal gaji yang dimiliki bernilai tinggi sehingga tidak membuat pihak yang memberikan kredit tidak yakin.

Namun bagi karyawan baru yang memiliki gaji standar atau rata-rata UMR sebaiknya menunda dulu hasrat untuk membeli motor dengan cara kredit dan tunggu sampai kondisi keuangan stabil dulu yaitu tiga bulan.

Jadi selama menunggu Anda bisa menggunakan kendaraan umum untuk berangkat kerja atau minta antar pada orang tua di rumah.

#2 Menghitung rasio cicilan

Pada umumnya sebuah bank dan lembaga keuangan yang lain menggunakan standar rasio utang mulai dari 30-35 persen. Hal ini dikarenakan proporsi pembagian gaji secara umum adalah 40% konsumsi, 30% utang, 20% tabungan dan investasi kemudian 10% lagi adalah sedekah sosial.

Jadi ketika gaji seorang karyawan baru sesuai UMR di kota besar, sekitar 3,5 juta, maka cicilan yang diperbolehkan maksimal 1,2 juta saja.

Jika ada karyawan baru yang belum memiliki beban lain dan tidak memiliki angsuran yang lain maka bisa memenuhi persyaratan tersebut.

Supaya biaya cicilan bisa 1,2 juta atau kurang, maka Anda harus menyediakan uang muka yang cukup. Jika down payment yang Anda siapkan tidak bisa membuat cicilan bulanan mencapai rasio 30-35 persen gaji, itu artinya Anda harus mengumpulkan uang kembali untuk membayar uang muka.

Anda bisa mencari dana tambahan dengan cara meminjam dari orang tua atau kerabat dekat atau menjual aset pribadi.

#3 Jangan tergiur DP murah

Dengan melakukan pembayaran uang muka minimum, maka Anda tidak harus menabung yang banyak untuk mendapatkan motor pertama.

Namun itu tandanya Anda akan terbebani dengan cicilan motor yang besar setiap bulannya. Selain itu juga tenor cicilan akan semakin panjang dan Anda akan terlibat utang yang lebih lama.

Jadi sebelum datang pada dealer, Anda harus membekali diri dengan hitungan skema kredit sendiri. Anda juga harus berusaha tenang dan jangan tergiur oleh rayuan sales yang menawarkan cicilan menarik.

#4 Menyiapkan kelengkapan data

Jika Anda sudah merasa mantap dan kondisi keuangan telah cukup untuk memulai kredit motor, terkadang kelengkapan data juga bisa menjadi penghalang supaya cicilan Anda disetujui untuk melakukan kredit.

Beberapa berkas yang paling dibutuhkan ketika melakukan pengajuan antara lain seperti KTP, KK, slip gaji, SKK dan surat keterangan domisili.

Bagi karyawan baru yang masih tinggal di kosan atau menyewa tempat tinggal, mesti bisa menujukan bahsa sudah tinggal di tempat tersebut minimal tiga bulan lamanya.

Selain itu juga Anda harus bisa menyiapkan surat keterangan tinggal dan surat domisili dari RT atau RW setempat.

Penutup

Apa pun keputusan yang Anda lakukan sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu dengan matang. Kondisi keuangan juga harus diperhatikan supaya masa depan Anda tidak terbebani dengan adanya cicilan tersebut.

Itulah tips sebelum membeli motor bagi karyawan yang baru bekerja supaya tidak salah langkah.

Sekian saja untuk kali ini, semoga bisa membantu. Terima kasih sudah membaca sampai sini.***

1 komentar
  1. JupiterrX Ganz
    buat bstatiom ada ga