5 Tips Memulai Karier Bagi Fresh Graduate yang Baru Lulus Sekolah

5 Tips Memulai Karier Bagi Fresh Graduate yang Baru Lulus Sekolah

5 Tips Memulai Karier Bagi Fresh Graduate yang Baru Lulus Sekolah

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit tips memulai karier bagi fresh graduate supaya bisa sukses dalam hidup yang penuh kesedihan.

Daftar Isi

Bagi sebagian orang yang telah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan pasti ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik pada jenjang berikutnya. Kenapa sebagian? Karena masih ada banyak orang yang tidak bisa mengikuti masa pendidikan dikarenakan tidak memiliki biaya untuk membayar sekolah.

Di luar sana masih ada banyak orang yang menginginkan untuk sekolah tapi tidak bisa dikarenakan tidak memiliki biaya tapi di sisi lain mereka banyak yang bersekolah tapi tidak memanfaatkan masa sekolah dengan baik sehingga ketika sudah lulus hanya menjadi pengangguran yang berijazah dan bersertifikat.

Jika Anda tidak ingin menjadi orang yang gagal dan tidak punya tujuan hidup ketika sudah lulus sekolah, maka Anda harus memikirkan apa yang harus dilakukan jika sudah selesai dengan masa pendidikan itu.

Jangan sampai setelah lulus sekolah tidak tahu apa yang harus dilakukan dan menjadi pengangguran tanpa tujuan hidup.

Tips memulai karier bagi yang baru lulus sekolah

Jika Anda baru saja menyelesaikan masa pendidikan dan siap untuk terjun dalam memulai karier maka bisa gunakan ijazah dan sertifikat Anda untuk melamar pekerjaan terlebih dahulu.

Buatlah CV dan kirim pada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Cari juga pekerjaan yang sesuai dengan jurusan Anda semasa di sekolah.

Mulailah karier dari bawah, contohnya adalah menjadi karyawan terlebih dahulu. Karena untuk mendapatkan karier yang baik, maka Anda harus merasakan bagaimana rasanya berada di posisi paling bawah dalam dunia pekerjaan.

Anda juga bisa menjadi karyawan yang sukses jika bisa memanfaatkan peluang.

Jika Anda ingin memulai karier dari bawah, berikut kami berikan beberapa tips untuk bisa diterima kerja dan merintis karier sampai sukses.

1. Berikan perhatian pada CV

Curahkan semua perhatian Anda pada CV ketika hendak melamar kerja. Perhatikan hal-hal kecil seperti penulisan dan tata bahasa yang baik karena hal ini juga membantu menjelaskan bahwa Anda adalah orang yang teliti.

Jangan ragu juga untuk meminta bantuan pada orang lain untuk memeriksa ulang CV yang sudah Anda buat. Mintalah bantuan pada orang yang sudah memiliki pekerjaan atau bisa juga minta pada orang tua untuk memeriksa.

2. Kembangkan diri setelah lulus dari masa pendidikan

Meskipun Anda sudah lulus dari sekolah, tapi ada baiknya juga jika tetap meneruskan kemampuan Anda yang sudah dipelajari dari sekolah.

Jika dulu semasa masih sekolah Anda belajar mengenai ilmu magang, mendapat ilmu dari kursus, atau mendapatkan pengalaman dari kerja paruh waktu maka terus kembangkan hal tersebut karena itu menujukan bahwa Anda adalah orang yang masih terus belajar meskipun sekolah telah selesai.

Apalagi jika Anda punya banyak waktu luang di mana Anda menunggu keluar ijazah dari sekolah. Waktu itu bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan Anda semasa sekolah karena pasti akan berguna jika sudah kerja.

Jadi sambil Anda menunggu ijazah keluar, gunakan waktu Anda untuk mengembangkan kemampuan yang sudah dipelajari ketika sekolah dan pelajari juga mengenai dunia kerja.

3. Perluas koneksi

Setelah Anda selesai dengan masa sekolah, maka kini saatnya menemukan orang-orang baru untuk dikenal. Cari orang yang berkualitas untuk dijadikan sebagai teman ketika sudah selesai sekolah karena bisa saja mereka mengajak Anda untuk bekerja.

Cobalah untuk menghadiri acara-acara yang berhubungan dengan dunia industri dan karier karena bisa saja Anda mendapatkan kesempatan untuk berkenalan dengan orang yang bisa membawa Anda menuju karier yang diharapkan.

4. Sesuaikan pola pikir

Ketika mencari pekerjaan, di satu sisi Anda jangan terlampau untuk fokus pada satu pekerjaan saja. Anda juga bisa mempertimbangkan lowongan pekerjaan lain yang memungkinkan Anda untuk bisa belajar dan berkembang.

Luaskan pencarian Anda, jangan hanya mencari informasi mengenai lowongan kerja di internet atau website saja. Coba tanyakan pada orang-orang yang Anda kenal dari koneksi yang telah Anda bangun.

Di sisi lain juga jangan langsung putus asa ketika Anda menerima penolakan ketika melamar kerja dan jangan berhenti untuk memberikan motivasi pada diri sendiri.

Jika ditolak pada satu perusahaan maka cari kerja yang lain. Bahkan Anda juga bisa mengirimkan lamaran pekerjaan pada 10 tempat sekaligus jika ingin mendapatkan kesempatan kerja yang lebih luas lagi.

5. Porsi wawancara

Ketika Anda mengirim lamaran dan mendapatkan panggilan dari tempat yang Anda inginkan, apa saja yang harus diperhatikan?

Pertama pilihlah pakaian yang layak, jika Anda tidak yakin dengan etika cara Anda berpakaian di tempat kerja tersebut, maka pilihlah pakaian yang formal dan sopan. Hal ini juga berlaku untuk wawancara kerja dalam jarak jauh seperti menggunakan Skype atau media yang lain.

Kedua Anda harus menujukan antusiasme secukupnya dan dibarengi dengan jawaban dan pembawaan yang santai tidak tergesa-gesa. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan senyuman yang baik (meskipun secara terpaksa) karena masa wawancara dalam dunia kerja adalah paling membosankan.

Ketika Anda harus selalu siap sedia. Sebelum memenuhi panggilan wawancara pada perusahaan tempat Anda akan di interview, maka carilah informasi yang cukup mengenai perusahaan yang Anda incar. Misalnya mengetahui lebih dalam tentang visi dan misinya, tujuan dan status perusahaan mereka. Berikan narasi yang menujukan bahwa Anda bisa memberikan kontribusi untuk memberikan perkembangan pada perusahaan mereka. Persiapkan juga diri Anda untuk mempelajari cara kerja perusahaan tersebut dan berikan tawaran gaji yang sesuai dengan kualitas diri Anda.

Penutup

Jika Anda sudah memberikan lamaran pada banyak tempat dan masih belum diterima juga, maka ada baiknya untuk memperhatikan ide lain untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Jangan langsung putus asa ketika ditolak kerja, ada baiknya untuk terus mengembangkan diri dan memberikan motivasi pada diri sendiri.

Namun jika Anda sudah memberikan lamaran pada 100 tempat dan masih belum diterima juga ada baiknya jika Anda sendiri yang membangun lapangan pekerjaan.

Silakan cari informasi mengenai bisnis modal kecil yang bisa membawa kesuksesan jika dilakukan dengan serius.

Itulah beberapa tips memulai karier bagi fresh graduate supaya bisa mendapatkan jalan hidup yang lebih baik dan memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sekian saja untuk kali ini, terimakasih sudah kesini.***

Posting Komentar