5 Tips Terbebas Dari Jeratan Hutang Bagi Pekerja

5 Tips Terbebas Dari Jeratan Hutang Bagi Pekerja

5 Tips Terbebas Dari Jeratan Hutang Bagi Pekerja

Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahukan bagaimana tips dan cara supaya terbebas dari jeratan hutang ketika masih menjadi pekerja.

Daftar Isi

Perlu Anda ketahui bahwa utang dapat menjerat siapa saja, entah itu karyawan yang memiliki gaji pas-pasan bahkan karyawan yang memiliki gaji yang sudah tinggi.

Pastinya ada alasan tersendiri mengapa seseorang bisa terjerat hutang. Biasanya seseorang memilih untuk memiliki utang dikarenakan untuk menutup biaya kehidupan sehari-hari atau untuk memenuhi gaya hidup yang membutuhkan banyak pengeluaran.

Harus Anda ketahui bahwa memiliki hutang atau pinjaman pada orang lain merupakan hal yang sangat memalukan. Apalagi sekarang banyak pengusaha kaya yang memiliki hutang dengan jumlah yang begitu besar dikarenakan ingin mengembangkan bisnis. Namun jika sudah terlilit banyak hutang maka tentu Anda harus segera keluar dari jeratannya.

Cara keluar dari jeratan hutang bagi pekerja

Disini kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda yang diharapkan bisa membantu Anda untuk segera keluar dari jeratan hutang yang melilit.

Tidak sedikit cerita orang-orang yang dikejar oleh pengih hutang yang meminta tagihan pembayaran kepadanya bahkan sampai mengunjungi kantor tempat kerja hingga rumah.

Tentu Anda tidak ingin sampai hal ini terjadi pada Anda. Jadi Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk membantu keadaan keuangan Anda supaya menjadi lebih stabil dan tidak memiliki utang pada siapapun.

1. Berhenti untuk gali lubang tutup lubang

Hal pertama yang harus dilakukan Andalah mencoba berhenti dari kebiasaan yang bisa membuat utang baru untuk melunasi utang yang lama.

Kejadian ini merupakan pola yang paling sering terjadi pada setiap orang yang sudah memiliki kebiasaan untuk berutang. Memang masalah yang dulu akan selesai, namun masalah baru akan muncul sehingga membuat keadaan menjadi semakin terpuruk.

Jika Anda melihat berbagai macam cerita orang-orang yang sedang kesulitan untuk melunasi pinjaman utang baik itu pada seseorang atau pada situ-situs yang menyediakan pinjaman, banyak diantara mereka yang memutuskan untuk berutang dengan jumlah yang besar mulai dari belasan hingga puluhan juta sekaligus.

Hal ini mereka lakukan dikarenakan untuk mencoba untuk gali lubang tutup lubang.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya sudah ada cara lain yang bisa digunakan untuk memanfaatkan situs-situs pinjaman uang. Apakah Anda sudah tahu bahwa situs pinjaman uang juga bisa melakukan investasi? Anda bisa memanfaatkan fitur fintech pinjam meminjam untuk menumbuhkan uang yang Anda miliki dengan cara investasi pada pinjaman.

Dengan begitu Anda sudah bisa menambah penghasilan dan bukan menambah utang sehingga kondisi keuangan menjadi lebih stabil.

Tips ini merupakan salah satu jalan terbaik untuk terbebas dari jeratan hutang yang sangat berbahaya.

2. Melakukan perencanaan keuangan dengan baik

Selanjutnya Anda bisa membuat rencana keuangan sebaik mungkin. Pada dasarnya, membuat sebuah rencana keuangan merupakan pengalokasian pos-pos pengeluaran untuk penghasilan yang Anda terima setiap bulannya. Jadi Anda bisa mempelajari bagaimana cara merencanakan keuangan lebih banyak lagi.

Hal yang perlu Anda ingat ketika melakukan perencanaan keuangan untuk Anda yang sudah terlanjur memiliki utang adalah Anda perlu mengetahui juga kapan utang Anda akan jatuh tempo dan berapa jumlahnya.

Dan yang paling penting adalah Anda memiliki niat yang besar untuk melunasi semuanya.

3. Mengencangkan ikat pinggang

Setelah Anda sudah membuat perencanaan keuangan, sekarang Anda sudah bisa memiliki gambran yang lebih jelas lagi mengenai setiap pos pengeluaran Anda.

Temukan pos-pos pengeluaran yang dapat dikurangi alokasi dananya atau yang dapat ditunda pembayarannya hingga sampai pada waktu Anda sudah bisa melunasi utang yang lainnya terlebih dahulu.

Misalnya Anda bisa memutuskan layanan internet bulanan yang terhubung di rumah Anda dikarenakan kebutuhan internet sudah tercukupi hanya menggunakan handphone saja.

Anda juga bisa mengurangi pengeluaran dengan menghemat untuk makan di restoran menggunakan layanan antar.

Anda juga bisa menghentikan segala kebiasaan yang membuat Anda mengeluarkan uang terlalu banyak. Mulailah berhemat dari sekarang jika Anda memiliki utang.

4. Lakukan negosiasi

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan supaya terbebas dari utang adalah melakukan negosiasi dengan pihak yang memberikan Anda pinjaman.

Cara ini sebenarnya cukup lumrah dilakukan oleh para nasabah yang menggunakan layanan kredit di berbagai lembaga keuangan. Namun tidak banyak juga orang yang mengetahuinya.

Cobalah untuk melakukan negosiasi supaya pihak yang memberikan Anda pinjaman bersedia untuk mengurangi beban bunga yang harus Anda bayar. Anda bisa mendapatkan diskon biaya bunga sehingga Anda tidak perlu melunasi semua bunga dari pinjaman yang Anda lakukan.

Bahkan jika Anda memiliki keberuntungan, mungkin saja pemberi pinjaman dapat menghapuskan semua bunga sehingga Anda hanya perlu melunasi pembayaran pokoknya saja tanpa bunga.

Jika Anda ingin mendapatkan keringanan terhadap utang yang Anda miliki, maka tidak ada salahnya mencoba untuk bernegosiasi bukan?

Namun perlu Anda ketahui juga bahwa pihak pemberi pinjaman juga memiliki hak untuk menolak pengajuan keringanan pembayaran yang Anda ajukan.

Jika sudah seperti itu maka Anda harus tetap melunasi utang Anda sepenuhnya.

5. Mencari penghasilan tambahan

Supaya Anda bisa melunasi utang secara cepat dan membuat kondisi keuangan menjadi lebih stabil, maka Anda harus mencoba mencari penghasilan tambahan.

Anda bisa memanfaatkan setiap waktu luang yang Anda miliki untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan uang.

Bisa juga melakukan beberapa cara untuk menghasilkan uang seperti berikut:

Menjual barang yang tidak dipakai: Carilah barang di rumah Anda yang sudah tidak digunakan lagi. Kemudian Anda bisa menjualnya pada orang lain atau menjual di toko online seperti tokopedia atau aplikasi jual beli barang yang lain. Contoh barang yang bisa Anda jual dan memiliki nilai yang cukup tinggi adalah pakaian, buku, alat elektronik, perlengkapan bayi dan furniture.

Menawarkan jasa: Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu, maka tidak ada salahnya Anda menawarkan sebuah jasa untuk menghasilkan uang tambahan. Misalnya Anda memiliki keahlian seperti fotografi, melukis, memasak, membuat kue, mengajar atau bahkan kemampuan yang lain maka bisa menawarkan jasa untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Menjadi reseller: Jika Anda tidak memiliki barang atau jasa untuk dijual pada orang lain, maka Anda bisa menjual produk milik orang lain pada orang yang membutuhkan. Misalnya Anda bisa mencari supplier barang dan mencoba menjual kembali pada orang lain dengan menaikkan harga sedikit tinggi. Tentu dengan cara ini Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Jadi cobalah untuk mencari penghasilan tambahan yang bisa memungkinkan Anda melunasi semua utang yang Anda miliki.

Penutup

Itulah beberapa tips supaya terbebas dari jeratan hutang bagi para pekerja yang sedang berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Sekian saja untuk kali ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda semua. Terima kasih sudah membaca.***

Posting Komentar