4 Tips Bisnis Laundry Kiloan Supaya Bisa Sukses Besar

4 Tips Bisnis Laundry Kiloan Supaya Bisa Sukses Besar

4 Tips Bisnis Laundry Kiloan Supaya Bisa Sukses Besar

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips bisnis laundry kiloan yang sangat penting dan harus diketahui ketika memulai dan menjalankan bisnis laundry kiloan di rumah sendiri.

Daftar Isi

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa adanya perubahan gaya hidup pada masyarakat dapat membuat dampak baru dalam kehidupan serta memunculkan bisnis baru yang sangat potensial untuk dijalankan. Salah satunya adalah usaha laundry kiloan yang sekarang sedang banyak dilakukan oleh masyarakat di perkotaan.

Dikarenakan perbuahan gaya hidup ini, banyak masyarakat menjadi sibuk untuk bekerja dan malas untuk menyelesaikan pekerjaan rumah sendiri. Jika Anda jeli maka bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis yang sangat menguntungkan sekali, apalagi bisa dijalankan di rumah sendiri.

Kini bisnis laundry kiloan ini sangat berkembang di daerah kota karena semua orang hampir memiliki kesibukan setiap harinya dan hanya memiliki waktu luang ketika akhir pekan saja, waktu itu juga digunakan oleh mereka sebagai waktu istirahat dari kegiatan rutin yang sangat melelahkan.

Dikarenakan kesibukan itulah banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci baju sendiri, jadi alternatif lain yang digunakan adalah mencari jasa laundry kiloan terdekat.

Mereka lebih memilih mencuci baju di tempat laundry karena harganya juga tidak begitu mahal untuk satu kali cuci daripada harus lelah dan memakan waktu lama.

Menjalankan bisnis laundry kiloan bisa memberikan potensi penghasilan yang begitu besar bagi para pelakunya, apalagi sudah tahu bagaimana cara menjalankan bisnis laundry ini, dapat dipastikan keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar dari usaha laundry yang lain.

Salah seorang pebisnis laundy mengaku bisa mendapatkan keuntungan sampai 2x lipat dari laba yang diperoleh.

Tips bisnis laundry kiloan supaya sukses besar

Bisnis laundry kiloan memang menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang paling menguntungkan dan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Bisnis ini cukup menjanjikan dan bisa menambah penghasilan sehari-hari dengan jumlah yang luar biasa.

Jadi keuntungan yang didapatkan bisa digunakan dalam membantu kebutuhan keluarga.

Melihat prospek bisnis yang sangat menggiurkan ini sudah pasti akan memiliki banyak persaingan yang ketat juga. Tapi hal itu tidak akan menjadi masalah karena bisa berjalan dengan baik jika Anda juga memiliki pelayanan terbaik dan berbeda dengan orang lain.

Supaya bisa sukses menjalankan bisnis ini, maka lakukan saja beberapa tips berikut untuk mendapatkan kelancaran dalam bisnis Anda meskipun memiliki saingan.

Berikut adalah beberapa tips bisnis laundry kiloan yang sangat penting dan harus dilakukan ketika memulai dan menjalankan bisnis laundry di rumah:

1. Memilih lokasi yang sangat tepat

Hal yang sangat penting dan mempengaruhi kelancaran sebuah usaha adalah tempat yang digunakan, apalagi jika bisnis yang dijalankan adalah jasa, pasti harus menemukan lokasi yang sangat cocok dan memiliki potensi. Sangat penting untuk melakukan pendekatan ketika memilih lokasi yang tepat untuk menjalankan usaha.

Ketika Anda ingin membuka usaha laundry, maka carilah tempat yang memang memiliki potensi. Menentukan lokasi strategis yang tepat sasaran dapat membuat usaha Anda menjadi lancar. Usaha ini sangat cocok jika dibuka pada tempat yang dekat dengan kampus, tempat kerja dan daerah perkantoran di mana banyak aktivitas orang sibuk terjadi.

Meski sekarang sudah ada jasa yang menggunakan layanan antar jemput, tetap saja lokasi menjadi hal yang paling penting untuk dipilih.

Coba saja perhatikan beberapa bisnis laundry yang sudah berkembang, pasti tempatnya berada di lokasi yang strategis dan sangat nyaman.

2. Buat pelanggan percaya dengan usaha Anda

Ketika sudah menjalankan usaha, maka tugas Anda selanjutnya adalah memberikan layanan yang membuat pelanggan merasa percaya dengan bisnis Anda. Hal ini juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan usaha.

Buat semua pelanggan Anda merasakan kepuasan yang tidak mereka dapatkan di tempat lain, karena dengan kepuasan pelanggan Anda bisa memiliki konsumen setia yang siap sedia kembali menggunakan jasa Anda setiap saat.

Bagaimana cara memberikan kepuasan pada pelanggan? Setiap bisnis berbeda dalam memberikan kepuasan, untuk bisnis laundry terletak pada hasil yang diberikan. Seberapa bersih pakaian, rapih dan seberapa wangi pakaian hasil dari jasa Anda. Kemudian yang paling penting adalah waktu pengerjaan yang cepat karena orang-orang biasanya tidak sabaran dan ingn buru-buru.

Beberapa poin tersebut yang banyak menjadi penilaian tersendiri dari pelanggan, anda juga bisa melengkapi tempat Anda dengan memberikan layanan antar jemput gratis untuk pelanggan setia. Berikan promo juga bagi yang sudah melakukan pencucian baju sebanyak 10 kali dengan layanan 1x cuci gratis.

Jika sudah mendapatkan banyak pelanggan yang merasa puas, Anda bisa memberikan kenaikan harga pada layanan yang diberikan. Meskipun sudah naik pasti akan banyak orang yang menggunakan jika hasil yang diberikan memang memuaskan.

3. Proses pengerjaan cepat dan tepat

Ini merupakan hal paling penting yang harus diberikan oleh semua jenis usaha, supaya pelanggan puas pastikan waktu yang dikerjakan juga sangat cepat dan tepat. Karena jika waktu yang dijanjikan tidak sesuai pasti pelanggan akan kecewa dan menyesal telah mencuci pakaian di tempat Anda.

Usahakan selalu mengerjakan layanan secara ontime dan jangan buat pelanggan menunggu dengan waktu lama bahkan sampai hitungan hari.

Pelayanan cepat = kepuasan pelanggan.

Jika memang Anda sudah tidak mampu mengerjakan sesuai waktu yang diberikan, maka bisa beritahukan konsumen Anda terlebih dahulu mengenai beberapa kendala yang terjadi sehingga proses tidak sesuai waktu. Jika tidak ada pemberitahuan, maka pelanggan juga merasa dirugikan.

Waktu adalah segalanya, bayangkan saja jika ada seorang pelanggan yang membutuhkan pakaian untuk hari Senin tapi ternyata Anda masih memiliki pekerjaan lain sehingga proses pengerjaan tidak sesuai waktu. Maka bisa terjadi sebuah konflik antara pelanggan dan penyedia jasa. Rasa kecewa juga bisa memberikan penilaian buruk untuk usaha Anda bahkan untuk Anda pribadi. Karena mereka belum tentu bisa menerima dengan baik.

Anda harus jujur pada diri sendiri, jika memang sedang banyak pesanan dan ada pesanan baru, maka tolak saja jika tidak mampu untuk menyelesaikan semuanya tepat waktu. Bilang saja bahwa layanan sudah penuh dan bisa menunggu besok saja.

Supaya tidak mendapatkan pelanggan yang kecewa, Anda bisa memberitahukan kendala yang didapatkan supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya pesanan sedang menumpuk, maka katakan saja sudah tidak menerima pesanan sementara dan dicoba lagi besok karena pesanan penuh.

Jujur dalam usaha bisa membuat bisnis lancar dan berkah.

4. Memberikan pelayanan yang lain

Tips penting yang berikutnya adalah membuat bisnis yang dijalankan berbeda dari yang lain, hal ini juga bisa menjadi salah satu kunci sukses dari bisnis laundry yang Anda jalankan.

Coba saja membuat sebuah survey dalam bentuk form kemudian suruh pelanggan Anda untuk mengisi form khusus tersebut dan tanyakan layanan seperti apa yang sekiranya mereka perlukan.

Contohnya bisa seperti ini, supaya usaha lancar Anda mengadakan layanan lain seperti antar jemput, memberikan hadiah pada pelanggan setia, memberikan jasa cuci gratis dengan minimal 10x pencucian dan memberikan bonus lain yang membuat mereka puas dan nyaman selalu.

Dikarenakan bisnis laundry semakin sengit persaingan, maka Anda juga harus memikirkan cara baru supaya tidak kehilangan pelanggan. Silakan cari keputusan yang tepat untuk mendapatkan banyak konsumen baru dengan program yang Anda buat.

Itulah beberapa tips bisnis laundry kiloan yang sangat penting untuk dilakukan ketika memulai dan menjalankan bisnis laundry kiloan di rumah sendiri yang dapat Anda lakukan mulai dari sekarang.

Semoga saja dengan adanya informasi tentang tips bisnis laundry kiloan ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan ilmu bagi Anda semua yang sedang usaha atau baru ingin membangun usaha laundry kiloan.

Sekian saja untuk kali ini semoga bisa meningkatkan semangat bisnis Anda semua. Terima kasih sudah mampir.

Suka dengan postingan ini? Kamu bisa kirim dukungan pada kreator supaya tetap update postingan serupa.***

Posting Komentar