Inilah Berbagai Pertanyaan Digital Marketing yang Sering Ditanyakan

Inilah Berbagai Pertanyaan Digital Marketing yang Sering Ditanyakan

Inilah Berbagai Pertanyaan Digital Marketing yang Sering Ditanyakan

Banyak pemilik bisnis online mengajukan pertanyaan digital marketing sebagai usaha untuk meningkatkan penjualan. Pasalnya, proses pemasaran melalui internet terbukti mampu menarik pelanggan hingga meningkatkan pendapatan toko.

Daftar Isi

Mengenal Digital Marketing

Seiring berkembangnya zaman, dunia internet dan teknologi pun turut berkembang. Bahkan sebagian besar masyarakat menggunakan teknologi tersebut untuk melakukan banyak hal. Maka dari itu melakukan pemasaran melalui dunia maya dapat menjadi langkah yang tepat.

Istilah digital marketing menjadi sebuah istilah baru dalam dunia marketing. Sesuai dengan namanya, digital marketing merupakan langkah marketing secara digital dengan memanfaatkan berbagai hal dalam internet seperti sosial media, SEO, hingga suatu algoritma tertentu.

Sedangkan, menurut Heidrick & Struggles pada tahun 2009 menyatakan bahwa digital marketing memanfaatkan perkembangan dari dunia digital pada kegiatan periklanan. Kegiatan tersebut tidak dilakukan secara langsung namun mempunyai efek luar biasa.

Beberapa Contoh Pertanyaan Digital Marketing

contoh pertanyaan digital marketing

Karena masih menjadi hal baru dalam dunia pemasaran, masih banyak sekali orang yang mengajukan pertanyaan terkait digital marketing. Ada berbagai pertanyaan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Apa Saja Macam Digital Marketing?

Pertanyaan pertama dan sangat sering bermunculan adalah mengenai macam dalam digital marketing itu sendiri. sebenarnya, macam dari pemasaran digital sangat banyak Setiap macamnya dapat perusahaan lakukan dengan menyesuaikan kebutuhan dan adanya anggaran.

Beberapa macam dari digital marketing yaitu penerapan SEO dalam konten, penggunaan sosial media, pemanfaatan email marketing, serta memasang iklan di sosial media seperti Instagram, Facebook, maupun TikTok.

2. Apa Saja Tools Dari Digital Marketing?

Sebenarnya ada banyak sekali alat dan pendekatan dari digital marketing, yaitu mulai dari Google Analytics, Ahrefs.com, Mailchimp, Google Keyword Planner hingga AdEspresso. Pertama, Google Analytics berfungsi sebagai pemantau kinerja dari berbagai situs yang dimiliki perusahaan.

Website Ahrefs.com menjadi salah satu tool dalam digital marketing yang berguna untuk menganalisis SEO dan backlink. Selain itu, untuk dapat mengelola email marketing dengan sempurna, perusahaan bisa menggunakan Mailchimp.

3. Bagaimana Merancang Digital Marketing?

Dalam merancang digital marketing, terdapat beberapa pertimbangan yang harus perusahaan pikirkan demi keberhasilan pemasaran. Salah satu pertimbangan adalah mengenai anggaran. Menentukan anggaran akan membantu untuk menentukan penggunaan jenis digital marketing.

Pemilihan target pasar perusahaan juga menjadi sebuah aspek penting ketika membuat rancangan pemasaran digital. Selain itu, dalam pembuatan konten sebagai usaha untuk melakukan digital marketing harus semenarik mungkin dengan desain unik sehingga mampu menarik perhatian.

4. Bagaimana Strategi Agar Digital Marketing Sukses?

Tak jarang pemilik usaha mengajukan pertanyaan digital marketing terkait strateginya. Strategi yang tepat akan menghasilkan penjualan memuaskan pula. Kuncinya ada pada ketepatan langkah serta target audiens dari perusahaan.

Kunci berikutnya adalah mengenai elemen visual dari konten. Seharusnya konten yang perusahaan buat bisa menarik perhatian banyak orang. Untuk memiliki strategi sukses, perusahaan juga harus selalu melakukan perbaikan serta rajin menemukan inovasi terbaru.

5. Bagaimana Cara UMKM Menjalankan Digital Marketing?

Ada sebuah pertanyaan digital marketing yang banyak beredar, yaitu mengenai cara UMKM melaksanakan digital marketing. UMKM mempunyai batasan modal dalam menjalankan digital marketing dengan maksimal, padahal terdapat beberapa cara yang dapat mereka lakukan.

Terdapat beberapa cara untuk menjalankan digital marketing tanpa mengeluarkan banyak uang. Salah satunya dengan memanfaatkan sosial media. Semakin menarik suatu konten, maka akan memungkinkan audiens melihat akun dari UMKM tersebut.

Pertanyaan Saat Interview Digital Marketing

pertanyaan saat interview digital marketing

Semakin berkembangnya era teknologi, banyak perusahaan membutuhkan karyawan untuk posisi digital marketing. Pada proses rekrutmen, terdapat sesi interview dengan pertanyaan digital marketing yang harus kandidat jawab dengan baik. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Sejauh Mana Pemahaman Mengenai Digital Marketing?

Nah, pertanyaan pertama ini sangat sering menjadi salah satu bagian pembuka dari sesi interview. Sebaiknya kandidat menjawab pertanyaan ini dengan menjabarkan mengenai pengertian umum hingga khusus dari digital marketing itu sendiri.

Kandidat juga bisa menambahkan jawaban dengan menyebutkan teknik dan metode dalam melakukan digital marketing serta contoh di dalamnya. Misalnya yaitu social media advertising, penggunaan Search Engine Optimization, email marketing, dan masih banyak lagi.

2. Apa Saja Tools dan Platform yang Dikuasai?

Petanyaan berikutnya yaitu mengenai platform maupun tools yang kandidat kuasai. HRD sering menanyakan hal ini untuk mengetahui mengenai keterampilan teknis dari berbagai teknik dan metode dari digital marketing hingga merasa pantas untuk menjadi digital marketer.

Jawaban dari pertanyaan kedua ini akan lebih baik jika kandidat menjelaskan secara rinci mengenai bidang spesifikasi yang mereka kuasai dalam bidang digital marketing. Kandidat juga bisa menambahkan dengan menyebutkan sertifikasi apa saja milik mereka.

3. Bagaimana Pengalaman Ketika Menjalankan Campaign?

Pertanyaan digital marketing berikutnya adalah mengenai pengalaman dari kandidat saat menjalankan campaign. Dari jawaban kandidat, HRD akan terbantu untuk mengetahui cara kandidat bekerja baik secara individu, tim, kolaboratif, maupun interpersonal dengan rekan kerja.

Saat menjawab pertanyaan mengenai pengalaman, kandidat dapat menjelaskan dengan detail mengenai peran mereka. selain itu, penambahan cerita singkat mengenai cara bekerja dalam tim maupun kolaborasi dengan departemen lain juga bisa kandidat lakukan.

4. Apa Campaign yang Telah Sukses Dijalankan?

HRD juga mungkin menanyakan mengenai campaign apa saja yang telah berhasil kandidat lakukan. Kandidat dapat menjawab dengan menguraikan mengenai campaign, tujuannya apa, bagaimana hasilnya, serta peran kandidat di dalam campaign tersebut.

Pertanyaan ini dapat membantu HRD untuk mempelajari mengenai bagaimana kandidat memahami kesuksesan. Tak hanya itu, HRD juga ingin mengetahui sudah sebanyak apa pencapaian yang sudah kandidat berhasil raih sebelumnya. Ini tentu menjadi pertimbangan penting bagi HRD.

5. Apa Saja Tren Digital Marketing?

Salah satu syarat keberhasilan dari berjalannya digital marketing adalah konten yang mengikuti tren. Maka dari itu seorang digital marketer dituntut untuk selalu peka pada tren saat ini. Inilah alasan mengapa HRD sering menanyakan apa hal trending kepada para kandidat.

Kandidat dapat menjawab pertanyaan mengenai tren dengan menjelaskan tingginya konsumsi penonton pada video sehingga menjadi sebuah prospek menjanjikan. Adanya content creator juga menjadi faktor tersendiri dari meningkatkan karya-karya dalam bentuk video pendek.

6. Apa Tantangan Paling Besar Sebagai Digital Marketer?

Tak jarang HRD juga menanyakan terkait tantangan apa yang kandidat rasa paling besar mengenai digital marketing. Pertanyaan ini bermaksud untuk mengetahui mengenai pandangan kandidat pada tantangan.

Saat mendapat pertanyaan mengenai tantangan, kandidat dapat menjelaskan mengenai hal yang mereka anggap menantang selama menjadi seorang digital marketer. Jangan lupa untuk menjelaskan penyelesaian dari tantangan tersebut. Nah itu dia berbagai pertanyaan digital marketing dari Ahzelan yang sering terdengar. Sebagai hal baru dalam dunia pemasaran dan terbukti berhasil, tak heran jika banyak orang bertanya-tanya mengenai pemasaran digital.

Posting Komentar