5 Perbedaan Antara Template Blog Premium yang Asli dan Bajakan (Gratisan)

5 Perbedaan Antara Template Blog Premium yang Asli dan Bajakan (Gratisan)

5 Perbedaan Antara Template Blog Premium yang Asli dan Bajakan (Gratisan)

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai perbedaan antara template blog premium yang asli dan bajakan atau biasa disebut dengan template gratisan.

Daftar Isi

Template Blogger adalah sebuah tampilan dan desain blog yang sudah disediakan secara gratis oleh pihak blogger, bisa dilihat ketika masuk ke dalam dashboard blogger maka akan ditemukan menu Tema dan pilih opsi Sesuaikan. Maka di sana akan bisa ditemukan berbagai macam template blogger yang cukup banyak dan disediakan secara gratis.

Tampilan yang disediakan memang sederhana, jadi bisa dikatakan kurang menarik bagi seorang blogger yang menyukai desain. Jadi ketika tidak ingin menggunakan tema bawaan blogger, bisa gunakan template premium hasil buatan orang lain atau buatan sendiri supaya lebih menarik.

Perlu diketahui juga bahwa template blog itu ada yang benar-benar premium dan asli dari orang yang membuatnya dan ada juga template gratisan dengan tampilan yang sama seperti yang premium.

Jika dilihat pada tampilan maka hampir tidak ada perbedaan antara keduanya, untuk itu di sini saya akan memberikan cara untuk mengetahui mana yang premium dan mana yang bukan.

Berdasarkan pada tampilan, maka keduanya memang seperti tidak ada bedanya. Jadi tidak heran juga banyak blogger yang menjual belikan template gratisan dengan harga yang sama seperti premium. Seperti misalnya template terbaik buatan Mas Sugeng (Evo Magz dan Viomagz). Banyak kita temukan blog yang menggunakan tampilan seperti itu dan menjadi template yang paling banya digunakan dikalangan blogger.

Perbedaan template blog premium yang asli dan gratisan

Untuk mengetahui beberapa perbedaan yang terdapat pada template premium yang asli dan yang bukan, maka bisa dilihat dari beberapa faktor berikut.

Template premium yang asli

  • Didapatkan dari hasil beli secara langsung dari pembuatnya
  • Mendapatkan support berupa panduan dan jawaban jika terjadi masalah
  • Tidak ada credits pada footer
  • Mendapatkan update terbaru
  • Kode HTML dan CSS diberikan sepenuhnya (Full)

Template gratis hasil bajakan

  • Didapatkan dari orang lain secara gratis melalui blog atau didownload
  • Tidak mendapatkan support secara langsung dari pembuatnya
  • Terdapat credits pada footer
  • Tidak mendapatkan update terbaru
  • Kode HTML dan CSS sudah dirombak (Tidak utuh)

Jika Anda mendapatkan template premium dari hasil beli, maka tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Namun jika mendapatkan template dari orang lain atau pada blog yang menyediakan tautan download, maka perlu diperhatikan lagi.

Jika Anda menggunakan template yang katanya premium namun masih ragu dengan keasliannya, maka silahkan cek beberapa perbedaan di atas. Sudah terlihat jelas perbedaan antara template premium dengan yang gratis.

Sudah pasti jika menggunakan yang gratis maka tidak akan mendapatkan bantuan atau support dan tidak akan dibantu jika terdapat masalah yang dialami.

Jika Anda membeli template blog secara langsung, maka akan terdapat informasi mengenai update terbaru serta panduan untuk melakukan beberapa perbaikan terhadap template tersebut dalam bentuk email.

Anda juga bisa mengajukan usulan perbaikan template bagi pembuat untuk meningkatkan kinerjanya supaya lebih maksimal melalui pesan email.

Untuk mendapatkan template blog premium yang asli tentu harus mengeluarkan biaya, tapi harga template blogger tidak semahal wordpress karena harganya masih terjangkau yaitu sekitar 100 hingga 300 ribu saja. Tergantung kualitas dan fitur yang diberikan oleh template tersebut.

Pastinya mengeluarkan uang juga hanya untuk sekali saja waktu melakukan pembelian, selanjutnya kita hanya tinggal menunggu update dan perbaikan saja. Berbeda dengan versi gratis yang tidak akan mendapatkan dukungan lagi setelah menggunakannya.

Jadi ketika ada masalah yang didapatkan entah itu dari kode HTM yang sudah tidak berfungsi atau tidak valid maka harus diperbaiki sendiri. Hal ini tentu tidak mudah karena akan membuat pusing. Apalagi jika salah dalam melakukan perbaikan, tentu saja bisa menyebabkan error yang berkelanjutan.

Penutup

Jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna, maka gunakanlah template blog premium yang asli dan dibeli secara langsung pada pembuatnya. Jangan dicari yang gratisnya karena hasilnya juga akan beda.

Selain itu juga bisa mendapatkan dukungan secara gratis dari pembuatnya dan mendapatkan versi terbaru secara berkala sehingga terhindar dari masalah yang serius dikemudian hari.

Menggunakan template premium dari hasil beli juga akan memberikan rasa tenang karena menggunakan template yang resmi dan tidak mencuri hasil karya orang lain. Sehingga menjadikan berkah bagi penggunanya.

Pembuat template juga perlu mendapatkan upah dari apa yang telah dilakukannya, jadi wajar saja jika memberikan biaya untuk mendapatkan template yang sesuai.

Itulah perbedaan antara template blog premium yang asli dan palsu atau bajakan yang harus Anda ketahui jika Anda seorang blogger.

Sekian saja untuk informasi kali ini, semoga bisa membantu Anda menentukan arah yang baik dalam mendalami dunia blogging. Terima kasih sudah membaca.***

Posting Komentar