5 Keyword Tool Terbaik Untuk Riset Kata Kunci (Gratis)

5 Keyword Tool Terbaik Untuk Riset Kata Kunci (Gratis)

5 Keyword Tool Terbaik Untuk Riset Kata Kunci  (Gratis)

Keyword tools merupakan software yang digunakan untuk menemukan kata kunci atau keyword dengan potensi terbaik. Pemilihan keyword yang tepat merupakan salah satu langkah dasar untuk search engine optimization (SEO).

Daftar Isi

Dengan memilih keyword yang tepat, maka konten yang kamu buat akan semakin mudah memasuki perangkat teratas di search engine.

Tapi sayangnya, sebagian besar keyword tools tidak disediakan secara gratis alias berbayar dengan harga yang cukup mahal, tentu saja ini menjadi kendala bagi mereka terutama blogger pemula atau UMKM yang baru saja terjun di dunia digital.

Pada artikel kali ini, Sandaran akan berbagi informasi mengenai 5 keyword tools terbaik yang dapat kamu gunakan dengan gratis tentunya untuk meningkatkan SEO dan traffic blog/website kamu.

Rekomendasi Keyword Tool Terbaik & Gratis 100%

Apabila kamu sedang merintis sebuah website atau menulis artikel untuk blog, riset kata kunci adalah hal paling penting dan tidak boleh dianggap remeh. Sebab tujuan utama riset kata kunci adalah untuk menemukan keyword dengan volume pencarian yang banyak namun memiliki tingkat kompetitif yang sedikit sehingga artikel yang kamu buat akan mudah memasuki page one.

Baiklah, tanpa basa-basi lagi berikut daftar keyword tool terbaik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan SEO & Trafic Web kamu.

1. Google Trends

Google Trends adalah keyword tool buatan yang dapat digunakan untuk melihat topik pencarian beserta pola naik/turunnya trend topik tersebut di Google. Berikut beberapa fitur-fitur google trends;

  1. Keyword yang sedang trending di google
  2. Volume pencarian keyword
  3. Keyword trending berdasarkan wilayah
  4. Topik terkait untuk kata kunci tersebut

2. Google Search Console

Google Search Console merupakan salah satu tools terbaik untuk riset keyword dan meningkatkan SEO website. Dengan google console, kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur berikut;

  • Peringkat website by keyword
  • Jumlah impresi website by keyword
  • Jumlah klik website by keyword
  • Persentase/CTR by keyword

Meskipun pada Google Search Console tidak menyediakan data search volume dan keyword difficulty, namun data yang ada di Google Search Console merupakan data dari pengguna Google. Jadi, informasi yang kamu dapatkan sudah tidak perlu diragukan akurasinya.

Selain untuk riset kata kunci, GSC juga memiliki fitur lain seperti URL Inspection, Core Web Vitals, Mobile Usability, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner biasanya digunakan oleh para advertiser Google Ads untuk melakukan keyword research sebelum mereka meluncurkan iklannya di Google Ads.

Maka dari itu, tools GKP ini banyak digunakan oleh para blogger ataupun pakar seo untuk melakukan riset kata kunci. Berikut beberapa fiturnya

  • Volume pencarian keyword
  • Tingkat kompetisi / keyword difficutily
  • Biaya iklan dari sebuah keyword

4. Google Search

Google Search adalah keyword tool yang seringkali dianggap remeh. Padahal dengan Google Search, kamu bisa dapat memperoleh puluhan ide keyword. Apalagi dengan adanya suggested keyword ketika kamu melakukan pencarian.

Sebagai contoh ketika kamu melakukan pencarian “cara membuat website”, maka secara otomatis google akan memberikan berbagai saran keyword turunannya.

Google menyarankan keyword turunan berdasarkan popularitas dan volume pencarian. Jadi, seluruh opsi yang ditampilkan google search merupakan kata kunci yang sedang diminati banyak orang.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan ide baru dari searches related yang berada dipaling bawah.

5. Ahrefs Keyword Generator

Ahrefs Keyword Generator merupakan keyword tool gratis yang memberikan hasil riset kata kunci yang sangat lengkap jika dibandingkan tool lain diatas.

Kamu bisa menikmati berbagai fitur berikut:

  • Volume pencarian keyword
  • Tingkat kompetisi keyword
  • Tanggal update hasil pencarian keyword
  • Daftar pertanyaan terkait keyword

Keyword tool yang satu ini sangat berguna sekali untuk menemukan long-tail keyword atau kata kunci turunan serta menemukan keyword dengan tingkat kompetisi yang rendah.

Selain itu, kamu juga bisa memfilter ide yang berupa pertanyaan dengan informasi serupa. Kamu bisa memanfaatkan pertanyaan-pertanyaan ini untuk menyusun header di artikel-artikel kamu.

Oke jadi itulah beberapa rekomendasi keyword tool terbaik dan gratis yang bisa kamu gunakan. Pemilihan keyword yang tepat memiliki peranan yang sangat besar dalam menentukan performa konten di search engine.

So, pastikan kamu memilih keyword yang memiliki search volume tinggi, namun dengan tingkat kompetisi yang rendah.***

Posting Komentar