Mau Terjun ke Dunia Kerja Freelance Digital Marketing? Yuk, Pahami Dulu Apa Jobdesknya!

Mau Terjun ke Dunia Kerja Freelance Digital Marketing? Yuk, Pahami Dulu Apa Jobdesknya!

Mau Terjun ke Dunia Kerja Freelance Digital Marketing? Yuk, Pahami Dulu Apa Jobdesknya!

Apakah Anda pernah mendengar pekerjaan sebagai freelance digital marketing? Tentu saja ini merupakan salah satu profesi yang bisa sekali pemula coba. Jika memang masih belum mau terikat dalam kontrak suatu perusahaan.

Daftar Isi

Apa Sebetulnya Freelance Digital Marketing Itu?

Freelance virtual marketing sebetulnya merupakan nama dan khusus kepada profesional pemasaran tapi menawarkan layanan lepas kepada klien. Biasanya mereka ini akan bekerja dari rumah serta membantu perusahaan dengan ragam macam tugas yang berkaitan dengan pemasaran.

Permintaan untuk pekerjaan pemasaran virtual ini semakin meningkat dan pada akhirnya menjadikan freelance online marketing menjadi karir paling hebat. Bagaimana tidak, nantinya Anda sendiri yang akan menjadi bos, mengatur jam dan punya aturan tersendiri.

Ketika Anda memutuskan untuk berhenti bekerja sebagai freelance, tentu saja bisa memanfaatkan pengalaman ataupun keterampilan tersebut dalam memulai bisnis online. Setidaknya skill tadi bisa jadi pengalaman ketika masuk dalam perusahaan.

Beragam Tugas Seorang Freelance Online Marketing

Pemasaran online tentu harus punya saluran ataupun proses beserta memiliki keahlian untuk bisa menawarkan pelayanan kepada seluruh klien. Bukan hanya tugas-tugas teknis, namun seorang freelance dari marketing perlu juga menyiapkan proposal kerja.

Adapun mengenai tugas-tugas yang paling umum oleh pemasaran freelance online, ialah:

  • Petugas pertama dan seorang pemain freelance virtual marketing adalah memonitoring postingan situs web untuk peluang proyek terbaru.
  • Mengirimkan proposal pekerjaan agar bisa mengamankan klien baru.
  • Bertemu dan juga lakukan komunikasi dengan new clien ataupun yang sudah ada.
  • Pastikan selalu menanggapi email.
  • Punya kemampuan untuk bisa menghubungkan dengan freelancer lainnya.
  • Telah melakukan pekerjaan pada situs web ataupun blog sendiri.
  • Mampu membangun merk pribadi agar banyak orang mengenalnya.
  • Melakukan optimasi situs web untuk SEO.
  • Menerangkan adanya kampanye PPC pada platform seperti Bing ataupun iklan Google.
  • Melakukan kampanye ataupun sponsor pada Facebook secara berbayar dan gratis.
  • Membuat iklan ataupun pemasaran melalui email.
  • Merupakan sebuah komponen untuk bisa memenuhi keperluan dari berbagai macam kampanye marketing visual.
  • Wajib membuat atau menciptakan sebuah strategi dari marketing virtual serta rencana aksi untuk klien.
  • Wajib mempersiapkan laporan proyek kedanan.
  • Lakukanlah penerbitan faktur kepada seluruh klien.

Beragam Skill yang Dibutuhkan Seorang Freelance Virtual Marketing

skill digital marketing

Karena dengan freelancer mampu membawa pengalaman secara bertahun-tahun. Otomatis skill yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan seperti ini tak main-main. Karena harus bisa menyesuaikan strategi dari masing-masing bisnis para klien.

Langsung saja ikuti ulasan tentang skill yang perlu ada oleh freelance digital marketing:

1. Harus Mudah Melakukan Adaptasi

Karena teknologi yang selalu berubah dari waktu ke waktu, maka secara otomatis harus mempunyai kemampuan dalam melawan adaptasi. Pasalnya, zaman semakin berkembang tentu saja membuat software ataupun tools perlahan-lahan mengalami perubahan.

Maka dari itu, seorang freelance virtual marketing juga harus bisa melakukan adaptasi dengan baik. Contohnya adalah ketika harus pindah ke tools yang lainnya. Sebab pastinya akan memiliki penampilan ataupun menu-menu berbeda.

2. Punya Tingkat Kreativitas yang Tinggi

Kreativitas itu akan melibatkan kemampuan untuk melakukan tugas dengan cara yang unik dan juga efektif. Tujuan dari marketing freelance online adalah mampu terhubung dengan audiens mereka. Kemudian pesan memberikan pengaruh untuk mengambil tindakan tertentu.

Misalnya saja pihak marketing menggunakan kreativitas dalam kampanye panggilan untuk bertindak dan juga pitch. Ini penting sekali untuk bisa mempertahankan klien dan menarik perhatiannya. Karena pastinya akan banyak sekali orang-orang yang menggunakan jasa untuk strategi marketing.

3. Punya Kemampuan Komunikasi yang Bagus

Keterampilan komunikasi sebetulnya merujuk pada skill untuk bisa membantu individu dalam menyampaikan serta menerima informasi agar lebih efektif. Selain berbicara dan juga menulis, hal seperti ini tentu saja bisa meluas dari bahasa tubuh ataupun insyarat non verbal.

Seorang freelance virtual marketing harus bisa memahami kebutuhan secara spesifik dari seluruh klien. Hal tersebut mampu membantu mereka untuk memahami bagaimana tujuan serta strategi rencana aksinya.

4. Memahami Bagaimana Manajemen Waktu

Karena menjadi seorang freelance, tentu saja kemampuan dari manajemen waktu perlu Anda kuasai semaksimal mungkin. Pastikan pandai dalam mengelola cari tugas satu ke yang lainnya agar tidak berantakan. Dengan demikian bisa selesai tepat waktu.

Sebagai contoh, saat pagi siang Anda bisa fokus mengerjakan strategi perencanaan dari pemasaran untuk klien A. Sedangkan pada sore hingga malam hari bisa membuat sebuah teknik marketing bagi pengguna jasa B.

5. Memiliki Skill Dalam Negosiasi

Freelance marketing online pastinya membutuhkan skill untuk melakukan negosiasi yang sangat bagus. Dengan demikian, mampu memberikan nilai kepada pengguna jasa sembari melindungi kepentingan mereka.

Dalam peran ini, tentu saja Anda harus punya tanggung jawab untuk menemukan klien serta meyakinkan mereka tentang bagaimana pekerjaan yang dimiliki. Sebagian besar prosesnya berlangsung dengan pengiriman email, proposal dengan menuliskan keterampilan.

6. Keterampilan dalam Persuasi

Persuasi termasuk ke dalam salah satu skill untuk bisa mempengaruhi tindakan dari orang lain. Biasanya para freelance akan punya keterampilan seperti ini dalam mengirimkan proposal kepada klien potensial. Dengan memberitahu jika pelayanan anda lebih efisien dan hemat biaya.

Dengan demikian, para freelance marketing memiliki keterampilan persuasi ini untuk pembuatan kampanye pemasaran. Umumnya akan meyakinkan seluruh audience dalam mengambil tindakan dalam pembelian produk ataupun pengikut survei.

7. Pelaksanaan Analisis

Memang tak dapat dipungkiri, apabila profesi seperti ini tak akan pernah jauh dari yang namanya analisis. Maka dari itu, kemampuan dari analytical thinking perlu sekali dibangun dari sekarang jika mau menekuni karir tersebut.

Anda bisa melakukan analisis dengan berbagai teknik dan menyimpannya melalui buku digital marketing agar bisa lebih mudah ketika melakukan analisis pada proyek yang Anda buat.

Karena menurut beberapa ahli, seluruh marketer harus bisa memahami apa saja kebutuhan dari audiens. Cara paling tepat yaitu tentu saja harus bisa melakukan analisis data-data yang telah terkumpul.

8. Perlu Memahami SEO, SEM, dan Iklan Berbayar

Skill selanjutnya yang perlu sekali Anda miliki ketika menjadi seorang freelance online marketing yaitu menguasai SEO, SEM, dan juga iklan berbayar atau paid advertising. Pengetahuan akan search engine optimization tentu saja bisa membantu perusahaan untuk selalu relevan.

Pada pemasaran melalui website punya peranan penting sebagai lalu lintas organik tanpa adanya pemungutan biaya. Sedangkan untuk SEM memiliki fungsi dapat menarik pelanggan melalui blog dengan memanfaatkan paid advertising.

9. Skill Dalam Pembuatan Content dan Social Media Marketing

Salah satu skill yang paling utama dalam dunia pemasaran online yaitu membuat konten strategi dan sosial media marketing. Tahu bagaimana teknik dalam pemasaran produk dengan menggunakan infografis, video dan juga blogging.

Konten seperti apa yang akan dibuat serta bagaimana teknik-teknik dalam penyajian konten tersebut. Dalam pembuatan konten tentu saja akan butuh penelitian. Yaitu jenis minat dari para audiens dan lain sebagainya. Itulah sekilas mengenai penjelasan dari freelance digital marketing serta apa saja kemampuan yang diperlukan jika mau memulai karir dari ahzelan.com. Semoga saja ulasan itu bisa memberikan bantuan dan manfaat kepada pembaca.

Posting Komentar